Senin, 05 Maret 2012

700 Pemain Junior Ikuti Seleksi Timnas U-12

-Sebanyak 700 pemain junior dari sekolah sepak bola (SSB) se-Indonesia mengikuti ajang seleksi Tim Nasional U-12 untuk tampil di Jepang pada Mei-Juni mendatang.

Dalam proses seleksi ini, PSSI menggandeng Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk membentuk Tim Penyeleksi.

Tim ini beranggotakan sepuluh orang, yakni Ketua Tim Penyeleksi yang notabene Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-12, Indra Syafrie, dibantu koordinator Hadi Rahmadani dan delapan pelatih, dikutip dari Humas PSSI, Senin.

Proses seleksi ini bersifat terbuka, tidak sedikit pemain yang datang secara individual yang berlangsung di Jakarta, pekan ini.

Tak ketinggalan lima pemain asal Papua turut mencoba peruntungan untuk menjadi skuat Timnas U-12.

Kehadiran mereka di Jakarta untuk mengikuti seleksi Timnas U-12 ternyata tak lepas dari peran mantan pemain timnas yang juga berasal dari Papua Johanes Auri.

Pria yang kini menjabat sebagai anggota Komite Etika PSSI ini bekerja sama dengan sejumlah pihak di Papua untuk mendukung keberangkatan kelima pemain berbakat tersebut.

"Mereka adalah pemain-pemain bagus. Mudah-mudahan mereka bisa terpilih menjadi pemain Timnas U-12. Kalaupun mereka tidak terpilih, setidaknya mereka sudah memiliki pengalaman pernah menjalani seleksi timnas," kata Johannes kepada wartawan.

Menurut Johannes, persoalan kekurangan dana sudah menjadi masalah klasik di tubuh klub dan SSB yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk itu, kata Johannes, PSSI seharusnya bersikap proaktif dengan cara melakukan survei atau kunjungan langsung ke klub dan SSB tersebut.

Terkait dengan kualitas para peserta seleksi Timnas U-12, Johannes menilai sebagian dari ratusan peserta itu memiliki kualitas yang menjanjikan pada masa depan.

Dia berharap para pelatih di klub dan SSB tempat para pemain berbakat itu berlatih bisa menjaga dan mengasah talenta-talenta emas itu.

Sementara itu, Manajer Timnas U-12, H.M. Zuchli Imran Putra mengatakan bahwa pihaknya sengaja memilih melaksanakan proses seleksi secara terbuka. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada ribuan pemain berbakat di seluruh Indonesia yang selama ini tidak terlihat.

Dijelaskan Zuchli Imran Putra, agenda terdekat yang akan diikuti Timnas U-12, yakni pada bulan Juni mendatang adalah belajar dan bertanding selama beberapa hari ke Osaka, Jepang. Untuk itu melalui proses seleksi ini pihaknya ingin menjaring 25 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan.

Selanjutnya, jumlahnya akan dikerucutkan menjadi 18 yang merupakan tim inti Timnas U-12 Indonesia yang akan diberangkatkan ke Osaka, Jepang, katanya.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar